Tuesday, January 5, 2016

Tahun Lalu Ngapain Aja Ya?

Assalamu’alaikum aloha apa kareba naon atuh xie xie gamsahamnida~

Setelah sekian lama nggak nulis apa-apaan di mari, akhirnya Nindunia kembali ke hadapan kalian semua di tahun yang baru ini. Pinyuyer saudagar-saudagar sekaliaaan! Gimana gimana, tahun baruan kemarin ngapain aja? Ngeliatin mantan jalan sama pacar barunya kembang api sambil gegoleran di pinggir pantai? Bakar kenangan bersama mantan pake api cemburu jagung dan barbekyuan ala ala? Atau bobo bobo gemas aja di rumah? Nggak penting kayak gimana kalian ngerayain pergantian tahun kemarin, yang penting itu berbakti sama kedua orang tua. Oke sip.

Gimana basa-basiku tadi? Basi ya? Ya udah ya udah, langsung ke topik obrolan aja, yuk. Nindunia kangen kalian semua nih. Pengen cerita-cerita lagi. So, biar selaras (((njir selaras))) sama judul blogpost-nya, aku mau refleksi gitu, apa aja sih yang udah dilakuin dan didapat selama setahun kemarin. (#nowplaying Kahitna – Setahun Kemarin). Belom telat kan ya buat flashback dikit? Belom laah, bel-nya belom bunyi ini. #apaannjir #garinglau #jayuslau #galuculau #andylau

Emangnya tahun 2015 lalu ngapain aja dah?


Jadi... ada beberapa pencapaian (ceileh bahasanya) yang berhasil kuraih tahun kemarin. Atau istilah gaulnya 2015 Highlight. Kayak misal nih:

  1. Mengulang keberhasilan istiqomah di event #30HariMenulisSuratCinta
  2. Sukses nge-handle acara besar jurusan
  3. WISUDA :”)
  4. Nyobain kerja yang SAMA SEKALI nggak ada nyambung-nyambungnya sama program studi semasa kuliah

Mungkin beberapa dari kalian yang baca list pencapaian ini langsung pada naikin alis.
“Keberhasilan istiqomah di mana letak pencapaiannya plis?”
“Yaelaaa nge-handle acara besar jurusan doang dibilang pencapaian”
“Ya okelah wisuda sama nyobain kerja emang cocok disebut pencapaian”

Begini, teman-teman sebangsa dan setanah kusir air...

1. Istiqomah itu sulit.
Ngelakuin suatu hal secara konsisten itu susahnya minta ampun. Adaaa aja godaannya. Yang males lah, yang lupa lah, yang duh-ntar-aja-deh-masih-ada-waktu-kan-eh-kok-ternyata-nggak-keburu-ya udah-skip-aja, yang pada akhirnya gagal konsisten karena udah terlanjur nge-skip.
Contoh simpelnya nih, kita bikin resolusi di awal tahun dengan semangat yang menggebu-gebu. “Pokoknya di 2016 aku harus update blog post minimal satu tulisan seminggu!” begitu yang tertulis di salah satu daftar resolusi.

Oke, seminggu pertama, berhasil. Bahkan biasanya nih, di minggu-minggu pertama kayak gini malah rajin banget nge-blog. Nulis bisa 2-3 posting. Minggu ke-dua, ke-tiga, ke-empat, ke-lima, ke-enam, masih asik-asik aja. Sampe akhirnya mulai muncul tugas-tugas sekolah/kuliah. Mulai pulang sore. Mulai nginep kampus. Kemudian timbullah rasa males buat bikin tulisan baru dengan dalih,
“Nggak sempat tau, banyak tugas nih hhhh...”
“Nggak bisa, aku baru pulang ngampus jam 11 malem, udah capek duluan...” #BasedOnRealEvent.

Percayalah, persoalan sempat-nggak sempat dan bisa-nggak bisa ini sebenarnya hanya perkara: mau atau engga. Niat atau engga. Dan... inget lagi ke komitmen awal. Kalau pengennya konsisten, ya udah. Sempetin deh walau cuman (misalnya) nulis curhatan betapa banyak tugas atau betapa melelahkannya hari itu.

Berdasarkan pengalamanku nih, begitu kita nge-skip usaha untuk konsisten, selanjutnya kita bakalan males buat berusaha lanjut istiqomah. Kayak, “Ya udahlah, kemarin udah terlanjur skip. Sekalian aja.” Dan yang kemudian diakhiri dengan penyesalan semacam, “Duh, seandainya aku kemarin sempet-sempetin dan tetep stick buat konsisten, pasti sekarang aku udah berhasil nyoret resolusiku...”
Kalau sama komitmen yang didasarkan keinginan sendiri aja nggak sanggup ngejalanin (dan ujung-ujungnya ngecewain diri sendiri), gimana sama komitmen yang lain coba. Yang ada malah ngecewain orang lain juga. :")


2. Nge-handle acara besar itu penuh tantangan.
Kalian-kalian yang udah pernah nge-handle acara gede pasti ngerasain deh gimana halangan, rintangan, membentang tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran dan tantangan itu menguras emosi, tenaga, juga waktu. Dalam kasusku, ketika memutuskan buat jadi tim kreatifnya Creanotifest (nama acara jurusan), itu berarti aku harus siap dengan segala ups and downs-nya. Dari mulai hal-hal seru semacam ngonsep acara, bayangin betapa menyenangkannya acara itu nanti; hingga hal-hal yang menyulut amarah dan air mata semacam konflik internal dengan pihak kampus, perdebatan ini itu antar panitia, sampe susahnya ngehubungin panitia yang tiba-tiba menghilang di H-beberapa hari acara.

Kenapa aku bilang nge-handle Creanotifest adalah sebuah pencapaian? Karena dalam sejarah kampusku, Creanotifest adalah acara jurusan pertama dan satu-satunya yang diadain di luar kampus. Ngurus izinnya nggak mudah, dapetin kepercayaan pihak kampus juga nggak mudah, apalagi ngebujuk pihak sponsor agar mau support acara dari satu kampus yang notabene belum pernah ngadain event dengan venue di luar kampus. Begitu acara selesai; kami mengevaluasi, memantau banyaknya feedback positif dari berbagai pihak dan bahkan sampai jadi headline di laman teknologi sebuah surat kabar ternama. Semua capek jiwa raga rasanya kebayar. Apalagi ini adalah kontribusi terakhirku sebagai mahasiswa.

Oh iya, fyi aja nih, buat kalian-kalian yang masih kuliah (atau akan kuliah), ikut kepanitiaan di event-event kampus/jurusan kayak gini tuh penting, loh. Setidaknya, untuk melatih soft skill. Jujur aja sih, aku kurang nyaman dengan suasana berpartisipasi di organisasi ‘formal’ kayak himpunan jurusan atau BEM. Padahal, ikut serta di organisasi selama kuliah itu bisa menunjang keahlian kita nantinya setelah lulus. Entah buat kepentingan ‘ngeramein’ CV, entah buat kepentingan memahami berbagai latar belakang sosial. Kalau kalian ngerasain hal yang sama sepertiku, keikutsertaan dalam ‘organisasi non-formal’ macem kepanitiaan di event (yang terlihat) have-fun-oriented bisa loh dicoba. Berguna banget buat ngadepin banyak orang dengan kepribadian yang berbeda dan ngatur manajemen emosi.

3. Siapa sih anak kuliahan yang nggak pengen wisuda?
SIAPA COBA? HM? SIAPA??? Sampe detik ini aku belum nemuin mahasiswa yang nggak pengen wisuda, sih. Memang proses menuju wisuda tuh... ya Allah ampun-ampunan deh. Rasanya nggak afdol kalau ngerjain Tugas Akhir/TA (atau disebut juga dengan skripsi) belum pake nangis-nangis bombay. Yang nggak nemu literatur lah, yang bolak-balik ke sana ke mari buat survei lah, yang revisi lah, banyak deh cobaannya. Mungkin ini juga sih yang bikin kalimat “Aku pengen nikah aja deh dari pada harus ngerjain revisian!” jadi populer. Karena di benak para pejuang toga ini, nikah lebih gampang dari pada nyelesein revisi yang nggak kelar-kelar kayak kangenku ke kamu. Tapi begitu tugas akhir/skripsi udah beres dan sidang berjalan mulus kayak hape baru, beuh. Rasanya tuh ya... kayak dicintai Rio Dewanto; unbelievable.

Itu juga yang aku rasain ketika 26 September 2015 kemarin diwisuda bareng ratusan mahasiswa lainnya. Aura Graha ITS yang super riuh malah jadi 11-12 sama aura rumah kosong; bikin merinding. Selama aku mengedarkan pandangan ke seluruh penjuru ruangan, nggak berenti-berenti aku mikir, “Gila ya... kayaknya baru kemarin aku pake baju item-putih lari-larian takut telat ospek. Sekarang udah pake toga...” Nggak percaya aja akhirnya bisa wisuda. Bisa nyelesein kuliah. Dan yang bikin lebih nggak percaya lagi, tahun 2015 adalah pertama kalinya dalam sejarah jurusanku, Multimedia Broadcasting, mahasiswa satu angkatan bisa lulus semua. Satu angkatan tanpa ada yang tertinggal. Kita memang solid ya, geng. Masuk bareng, keluar juga bareng. :")

4. Kekhawatiran nggak bisa survive di tempat yang benar-benar baru itu nyata.
Eh, buat poin yang ini aku jelasin di post selanjutnya aja deh ya? Sekalian mau cerita mengenai pengalaman kerja pertamaku, nih! Boleh, kan? Boleh dong~

Yak, itu tadi 2015 Highlight versiku. Kepanjangan ya? Mueheuheuheue maapin. Nindunia kalau kangen emang suka nyerocos aja gitu nggak kenal waktu. Eh gimana gimana?
Kalau 2015 Highlight versi kalian kayak apa nih? Boleh loh diceritain di kolom komen :3

11 comments:

  1. Sometimes later become never sist :D. Haha

    Btw, aku nemu kok arek kuliah sing ra gelem wisuda. wakakakakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas!

      Loh iya ta? Mungkin dia pengen cepet-cepet lulus bae mas :))

      Delete
  2. Alhamdulillah belum dikasi kesempatan buat wisuda
    berusaha lagi tahun ini :D

    ReplyDelete
  3. Wouwouwouwooooooo aku penasaran sama poin ke empat, semoga cepet ditulis! Fix, ku nanti ceritanya! Btw gegara baca ini aku jadi tergoda coba bagian 'istiqomah itu sulit' di blog buat tahun ini, bisa nggak ya? :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah ditulis kok mbaaak nih nih bisa dilihat di sini http://nindunia.blogspot.com/2016/01/nyobain-hal-baru-iya-atau-engga.html :3

      Insya Allah bisa kok, mbak! Ikutan #30HariMenulisSuratCinta aja buat percobaan :3

      Delete
  4. yah padahal udah mentok sampe poin 4 malah bersambung jiyahhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heuhaeuhuae maafkeun, poin ke-empat udah ditulis kok di sini http://nindunia.blogspot.com/2016/01/nyobain-hal-baru-iya-atau-engga.html silakan dibaca :3

      Delete
  5. Tapi bener kok, emang buat jadi konsisten itu susahnya setengah mati. Butuh pengorbanan dan niat yang besar :))
    Selamat ya sudah wisuda!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, konsisten emang banyak banget godaannya. :))

      Terima kasih, yaa!

      Delete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.