Wednesday, August 7, 2013

#CeritaDariKamar Day 7: Kertas Storyboard

Rabu, 7 Agustus 2013.

Sebagai seorang mahasiswi jurusan Multimedia Broadcasting, aku tidak pernah jauh dari hal-hal semacam menggambar, juga dengan kertas dan alat tulis lainnya. Kertas-kertas kumpulan tugas selama aku kuliah di dua semester awal memang tidak pernah aku biarkan begitu saja, apalagi kubuang. Kertas tugas, bahkan kertas soal UTS dan UAS pun masih kusimpan pada satu map khusus.

Di semester dua ini, dosen tiap mata kuliah seperti memberi satu tugas --yang mungkin lebih pantas disebut proyek-- besar yang mengharuskan mahasiswanya membentuk kelompok. Tak terkecuali dengan mata kuliah Storyboard and Storytelling. Bu dosen memberi kami satu proyek akhir; membuat storyboard dan skenario dari satu cerita tiga babak yang telah diseleksi. Sebelumnya, kami ditugaskan untuk membuat sebuah cerita tiga babak, kemudian mengajukan asistensi dan dipilih satu yang paling mendekati struktur cerita tiga babak itu sendiri. Setelah terpilih sebuah cerita, kami pun membentuk kelompok beranggotakan 4-5 orang untuk kemudian membuat susunan shot list beserta skenario, juga storyboard-nya.

Kebetulan, kelompokku beranggotakan empat orang. Untuk dapat membuat storyboard, kami memerlukan susunan shot list juga script atau skenario yang berisi dialog. Setelah menyelesaikan shot list dan skenario, tibalah saatnya untuk membuat gambaran dari shot list tersebut.

Awalnya, shot list yang dibuat ada enam puluh lima buah. Karena aku kebagian menggambar storyboard urutan nomor 34 hingga 65, maka dengan seijin teman-teman sekelompokku, kurevisilah ia. Selain meringankan tugas (tentunya, hehe), revisi yang kulakukan juga sekaligus demi keefektifan cerita. Maka jadilah shot list final berisi enam puluh buah.

Dalam dua malam, dua puluh tujuh buah storyboard berhasil kuselesaikan. Lalu setelah proses menggambar yang cukup menyenangkan namun melelahkan, aku harus meng-scan gambar-gambar itu dan mengirimkannya pada temanku yang masih berada di Surabaya (waktu itu aku di luar Surabaya) untuk menggabungkannya menjadi satu dengan storyboard sebelumnya dan dikumpulkan.

Mengerjakan sebuah proyek akhir tidak pernah tidak melelahkan. Namun jika kita melakukannya dengan ikhlas, maka rasa lelah itu akan terbayar dengan kepuasan yang kita dapat saat semuanya selesai dengan baik.


*ikutan proyek Cerita Dari Dalam Kamar (#CeritaDariKamar) yang digawangi Bernard Batubara*





NB:
Selamat hari raya Idul Fitri 1434 H, kawan-kawan semuanya. Maafkan segala kata dan perbuatan yang salah juga khilaf yang tentunya tak lepas dari kehidupan saya. Semoga kita semua menjadi pribadi yang lebih baik di hari yang baik ini. Minal aidzin wal faidzin, maafkan lahir dan batin. :)

2 comments:

  1. sambil blog walking, ngomentar ahhh ....
    Minal aidzin juga, sukses kuliahnya yak :D



    visit: www.rizkyboncell.com

    ReplyDelete
  2. This is a very well thought out site with very good content, I enjoyed reading it very much indeed. I’m certainly going to check out the sites you recommend. Online Travel Agencies

    ReplyDelete

Thanks for stopping by. You seem nice. You are welcome to leave any comments here.